Tentang LED

Keuntungan dari lampu LED 


Lampu LED (light-emitting diode) sangat berbeda dari lampu tradisional, karena cahaya LED dihasilkan melalui semi-konduktor. Singkatnya LED adalah lampu digital. 

LED bukan merupakan sebuah fenomena baru; melainkan sudah sejak lama digunakan pada lampu dekorasi, remote control dan peralatan digital. Beberapa tahun terakhir ini LED juga banyak digunakan sebagai lampu penerangan di dalam rumah dan semakin bertambah populer karena hemat energi. 
Berikut adalah beberapa keuntungan dari pemakaian lampu LED: 

Umur Lampu LED berkisar 100.000 jam, jauh lebih panjang daripada jenis lampu lainnya. Jika misalnya lampu LED anda menyala selama 8 jam sehari, maka umur lampu akan berakhir setelah 20 tahun. Ini berarti biaya pemeliharaan lampu sangat rendah. 

Lampu LED mengkonversi 80-90% dari energi yang digunakan ke dalam bentuk cahaya sehingga menjadikannya sangat ramah lingkungan. Sebaliknya lampu tradisional hanya mengkonversi 10-20% dari energi yang digunakan ke dalam bentuk cahaya dan 80-90% sisa energinya dikonversi menjadi panas. Berarti biaya yang dikeluarkan ketika membeli lampu LED adalah biaya untuk penerangan rumah dan bukan biaya pemanasan yang terbuang percuma seperti pada lampu tradisional. 

Tidak seperti lampu hemat energi lainnya, lampu LED dapat memberikan penerangan secara maksimal dengan seketika karena tidak membutuhkan waktu pemanasan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu intensitas cahaya lampu LED akan berkurang tetapi tidak mati seketika seperti lampu tradisional. 

Lampu LED hanya membutuhkan daya voltage rendah sehingga dapat dengan mudah dipakai bersamaan dengan energi cahaya surya (solar energy).  

Dibandingkan dengan lampu jenis lain, lampu LED lebih tahan terhadap goncangan dan cuaca, baik suhu sangat tinggi atau suhu sangat rendah, sehingga sangat cocok dipakai di luar ruangan (outdoor). 

Lampu LED juga lebih ramah lingkungan dan aman didaur ulang karena tidak mengandung campuran bahan-bahan kimia berbahaya misalnya merkuri, seperti yang terdapat pada lampu jenis lain.

Lampu LED sama sekali tidak menghasilkan sinar UV (ultra violet) dan hanya sedikit sekali menghasilkan sinar inframerah. Hal ini membuatnya cocok dipakai dalam ruangan yang mengharuskan minim paparan terhadap sinar UV, misalnya pada ruang pameran benda-benda seni atau museum.  

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini mampu menekan biaya produksi lampu LED. Memang harga lampu LED masih lebih tinggi daripada lampu jenis lain, namun demikian keuntungan dari penggunaan lampu LED jauh melebihi biaya yang harus dikeluarkan.